HOTLINE : Telp (024) 7672-5928 | WhatsApp +62 857-0004-4605

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan fotocopy, alat untuk mencetak maupun menggandakan dokumen. Akan tetapi, apakah Anda tahu komponen apa saja dan cara kerja mesin fotocopy? Pasti sebagian besar masih belum tahu betul tentang cara kerja mesin pencetak ini.

Padahal sangat penting bagi kita untuk memahami cara kerja dari mesin fotokopi. Mengapa? Ya, agar pada saat mengoperasikan mesin fotocopy akan lancar dan tidak bingung.

Selain itu, pada saat terjadi masalah pada mesin, Anda tak perlu khawatir lagi karena sudah mengetahui sebelah mana yang bermasalah dan perlu diperbaiki. Khususnya bagi Anda para pelaku usaha percetakan atau fotocopy wajib untuk mengenal komponen dan cara kerja mesin fotocopy.

Komponen yang Penting pada Mesin Fotocopy

Pada mesin fotocopy terdapat beberapa komponen penting yang memiliki fungsi berbeda-beda. Tanpa adanya komponen dibawah ini, mesin fotocopy tidak akan beroperasi secara maksimal.

1. Reflektor Cahaya

Komponen ini terletak pada bagian atas mesin dan memiliki fungsi untuk melakukan pemindaian dokumen yang akan difotocopy. Anda akan melihat reflektor cahaya ini ketika sedang meletakkan kertas yang akan difotocopy.

Nah, pada bagian bawah kaca akan muncul reflektor cahaya melakukan pemindaian bergerak ke kanan dan kiri.

Hal yang wajib Anda tahu, pada bagian ini jangan dilihat menggunakan mata telanjang, karena sinar pada reflektor ini mengandung ultraviolet. Itulah mengapa ada bagian yang menutupi bagian atas mesin saat proses fotocopy sedang berlangsung.

2. Drum Pemutar

Drum merupakan salah satu bagian paling penting pada mesin fotocopy. Fungsi dari drum adalah untuk memproses pencetakan dokumen setelah dilakukan pemindaian oleh reflektor cahaya. Komponen ini terdapat dua macam ukuran, yaitu ukuran kecil 3-5 cm dan 7-10 cm.

Komponen ini bisa dibilang awet dan mampu digunakan bertahun-tahun. Hanya saja ada beberapa hal yang dapat merusak drum, yaitu kemasukan benda kecil, seperti staples, clip, jaru, dan benda kecil keras lainnya.

3. Toner/ Tinta

Tinta atau yang biasa disebut dengan toner ini berfungsi untuk membentuk tulisan atau gambar pada kertas yang dimasukkan pada mesin. Jenis toner pada mesin fotocopy ada dua bagian, yaitu toner positif dan negatif. Biasanya, toner positif bisa digunakan untuk mesin tertentu saja, sedangkan toner negatif bisa dipakai untuk segala merek mesin fotocopy.

4. Kertas

Setiap ingin melakukan pencetakan maupun penggandaan pada mesin fotocopy, tentu dibutuhkan yang namanya kertas. Anda harus menggunakan kertas yang tepat, karena tidak sembarangan kertas bisa diproses mesin fotocopy.

Baca:

6 Jenis Kertas untuk Fotocopy Berdasarkan dengan Ukurannya

Inilah Cara Kerja Mesin Fotocopy yang Wajib Anda Ketahui

Cara Kerja Mesin Fotocopy

ketika Anda sudah mulai mengenal apa saja komponen yang dimiliki mesin fotocopy, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara kerja mesin fotokopi, sebagai berikut.

  1. Kertas atau dokumen yang akan difotocopy, harus Anda letakkan di atas kaca reflektor dengan posisi menghadap kebawah memojok sesuai panah arahan. Karena tulisan atau gambar yang akan difotocopy adalah yang terkena sinar reflektor (bagian bawah).
  2. Mesin fotocopy mulai menggerakkan reflektor, lalu cahaya reflektor akan mulai bergerak untuk melakukan pemindaian pada kertas.
  3. Hasil pemindaian tersebut akan dipantulkan melalui lensa menuju tabung drum mesin fotocopy.
  4. Kawat (konduktor) yang terletak pada tabung berinteraksi dengan bagian gambar yang lebih terang hingga bagian tersebut tidak bermuatan, sedangkan bagian gambar yang gelap tetap bermuatan positif.
  5. Toner/ tinta yang bermuatan negatif nanti akan tertarik dengan ion positif pada permukaan drum.
  6. Kemudian pada toner akan menempel pada kertas saat berputar melewati bagian bawah drum. Daya tarik ion positif pada kertas akan lebih besar jika dibandingkan dengan ion negatif pada permukaan drum.
  7. Kertas akan melewati pemanas, sehingga toner/ tinta yang menempel semakin kuat. Nah, inilah mengapa saat Anda pegang kertas yang baru saja selesai di fotocopy akan terasa hangat.

Baca Juga:

Itulah penjelasan singkat tentang komponen dan cara kerja mesin fotocopy yang belum banyak orang ketahui. Jika Anda sedang mencari mesin fotocopy untuk perusahaan maupun untuk buka usaha, bisa pesan di toko kami. Silahkan kirim pesan ke WhatsApp +62 857-0004-4605 atau Telpon ke (024) 7672-5928.


4 Komentar

Yani · 01/04/2022 pada 10:41 AM

Bisa sewa area demak gak mas

Yani · 01/04/2022 pada 10:53 AM

Apakah operator fotocopy kami bisa training service fotocopy ke tempat kantor cv sumber rejeki

Yani · 01/04/2022 pada 10:54 AM

Punys mesin fotocopy warna gak pak

fadhel · 10/04/2022 pada 6:30 PM

baru tahu akan ilmu cara bekerjanya mesin fotocopy ,yg tadinya dengan pencahayaan gambar dengan pantulan reflektor yang di biaskan ke permukaan drum dan dengan adanya pemberian potensial arus listrik di permukaan drum fotocopy dan paduan tarik menarik tegangan positf ke negatif begitu juga ebaliknya akan menimbulkan laten dan jadi gambar,
bar hasi gambar di lempr ke pemukaan kertas dan sterusnya dipanasi dengan pemanasan kurang lebih 200 derajat utk nempel di kertas dan tidak rontok

salut oleh para ilmuwan nya bravo .
terimakasih admin pencerahannya,

fadhel

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *