HOTLINE : Telp (024) 7672-5928 | WhatsApp +62 857-0004-4605

Kertas menjadi bagian terpenting dari kegiatan pencetakan maupun penggandaan dokumen melalui mesin fotocopy. Terdapat banyak jenis kertas fotocopy yang dapat digunakan, mulai dari yang tipis hingga kertas berukuran tebal.

Namun, semua jenis dan ukuran kertas yang ada tidak semuanya bisa digunakan pada mesin fotocopy. Hal tersebut kadang membuat bingung para pengguna mesin fotocopy untuk menggunakan kertas yang mana. Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang jenis-jenis kertas fotocopy berdasarkan ukuran beserta harganya.

6 Jenis Kertas untuk Fotocopy Berdasarkan dengan Ukurannya

Kertas yang biasanya digunakan pada mesin fotocopy adalah kertas HVS (Houtvrij Schrift) atau kertas tulis yang tidak ada serat kayunya. Mengapa harus kertas HVS? Karena kertas ini memiliki tekstur yang halus, sehingga akan menghasilkan cetakan teks maupun gambar yang bagus. Ada beberapa ukuran kertas HVS yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Kertas HVS B5

HVS B5 biasanya akan digunakan untuk mencetak dokumen berjumlah banyak, seperti buku bacaan maupun jenis buku lainnya. Kertas B5 ini memiliki ukuran 18,2 x 25,7 centimeter. Kemudian untuk harga kertas fotocopy ini biasanya dibanderol di angka Rp 30 – Rp 50 ribu per rim.

2. Kertas HVS Quarto (Q4)

Kertas ini biasanya juga dikenal dengan kertas Letter. Biasanya jenis kertas ini sering dipakai untuk kegiatan percetakan maupun penggandaan dokumen. Memiliki ukuran yang lebih lebar dari kertas HVS B5, yaitu 21,6 x 27,9 centimeter. Dipasaran, kertas HVS Q4 ini dijual dengan harga Rp 37 ribu – Rp 45 ribu per rimnya.

3. Kertas HVS A4

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas ini, karena HVS A4 merupakan kertas berstandar internasional dan sering digunakan untuk mencetak dokumen. Kertas ini memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari kertas Letter, yaitu 21 x 29,7 centimeter. Anda bisa membeli kertas A4 ini di harga sekitar Rp 37 ribu – Rp 48 ribu per rim.

4. Kertas HVS F4

Jenis kertas untuk fotocopy ini juga sering disebut dengan kertas Folio yang memiliki ukuran 21,6 x 33 cm. Kertas HVS F4 juga masih banyak digunakan untuk mencetak maupun menggandakan dokumen. Kertas F4 ini biasa dijual dengan harga Rp 48 ribu – Rp 55 ribu per rim, tergantung dengan merk yang dipilih.

5. Kertas HVS A3

Kertas yang memiliki ukuran 29,7 x42 cm ini juga masih sering digunakan untuk keperluan fotocopy. HVS A3 berukuran lebih besar dari keempat jenis kertas di atas dan biasanya digunakan untuk mencetak gambar atau sketsa. Kemudian untuk harga kertas fotocopy ini lebih mahal dari beberapa jenis kertas di atas, yaitu Rp 60 ribu – 80 ribu per rim.

6. Kertas HVS Plano

Jika Anda adalah pengusaha fotocopy, wajib untuk memiliki jenis kertas ini. Kertas HVS yang memiliki beberapa ukuran, yaitu 79 x 109 cm, 65 x 100 cm, 65 x 90 cm, dan 61 x 86 cm.

Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak majalah, brosur, maupun gambar yang membutuhkan ketajaman warna. Berapa harga kertas Plano? Cukup bervariasi, antara Rp 300 ribu – Rp 2 jutaan per rim. Semua tergantung dengan ukuran, gramatur, dan merek yang dipilih.

Baca Juga:

Nah, di atas merupakan beberapa jenis kertas fotocopy yang biasa digunakan untuk keperluan fotocopy dokumen. Semoga informasi ini dapat membantu Anda ketika ingin membeli kertas fotocopy agar sesuai dengan kebutuhan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *