HOTLINE : Telp (024) 7672-5928 | WhatsApp +62 857-0004-4605

Modal untuk usaha fotocopy memanglah tidak sedikit, hal ini merujuk pada estimasi biaya usaha fotocopy yang mempunyai modal cukup besar. Model yang harus Anda investasikan untuk usaha fotocopy bisa kembali dalam waktu yang lalu itu sebentar, sehingga tidak perlu menunggu lama. 

Karena estimasi biaya usaha fotocopy tidak sedikit, membuat Anda harus pAndai untuk mengelola dana tersebut agar terpakai dengan pas. Bisnis fotocopy tentu mempunyai peluang yang sangat menjanjikan.

Berapa Estimasi Modal untuk Usaha Fotocopy Hingga Beroperasi?

Bagi Anda yang ingin memulai usaha fotocopy maupun usaha toko alat tulis kantor, hendaknya melakukan analisis terlebih dahulu. Terutama dalam hal membuat gambaran dan melakukan estimasi modal modal untuk buka usaha fotocopy.

Tujuannya adalah agar usaha fotocopy yang Anda rintis dapat berjalan mulus. Simak perkiraan biaya awal ketika ingin membuka usaha fotocopy berikut ini. 

modal untuk buka usaha fotocopy

Estimasi Modal Usaha Fotocopy Sebelum Beroperasi

Membuka usaha fotocopy tentu akan sangat menjanjikan jika mempunyai lokasi yang strategis. Lokasi tersebut adalah wilayah kampus ataupun perkantoran serta sekolah. Tentu Anda harus pandai untuk memilih lokasi tersebut. 

Karena usaha fotocopy salah satu usaha yang tidak mempunyai kematian dalam prosesnya. Usaha jenis ini selalu dibutuhkan selama sistem pengarsipan pemerintahan dan pendidikan masih memanfaatkan kertas. Yakni sebagai bahan dasar untuk dokumen-dokumen yang pernah ada. 

Apabila Anda tertarik untuk memulai usaha fotocopy, maka Anda bisa mulai untuk membuat anggaran dana yang dibutuhkan. Rincian estimasi modal untuk usaha fotocopy bisa dijadikan referensi, karena biaya tersebut meliputi biaya yang harus dikeluarkan dalam memulai usaha fotocopy.

Anda harus mengeluarkan biaya untuk komponen penyediaan mesin fotocopy, sewa tempat usaha dan persediaan alat tulis perusahaan. Tidak hanya itu saja karena Anda juga harus mempunyai alat pemotong jilid serta komputer atau printer. 

Estimasi Pengeluaran Dana untuk Apa Saja?

Bahkan mesin laminating dan kertas sangat dibutuhkan dan masuk dalam modal untuk usaha fotocopy. Anda juga harus menyediakan etalase dan biaya promosi untuk mempromosikan usaha Anda. Berikut akan kami rincikan beberapa estimasi dana untuk membuka usaha fotocopy yang Anda miliki nantinya. 

  • Yang pertama adalah mesin fotocopy, membutuhkan kisaran harga sekitar 20 juta hingga 30 juta. 
  • Tentunya Anda harus menyewa lokasi usaha pertahun dengan estimasi dana 20 juta, apabila daerah tersebut dekat kampus
  • Anda juga harus menyediakan persediaan alat tulis kantor dengan estimasi data 5 juta. 
  • Sediakan juga alat pemotong kertas dan penjilidan, satu set meja dan kursi dengan kisaran harga 1 juta rupiah saja. 
  • Usahakan juga untuk menyediakan komputer lengkap dengan mesin printer sesuai dengan unit yang Anda kehendaki. Harga komputer biasanya berkisar antara 8 juta, sedangkan harga mesin printer sekitar 1 juta. 
  • Terdapat juga etalase atau rak simpan dengan harga satu juta, serta mesin laminating dengan harga Rp 500.000. 
  • Akan sangat berguna jika Anda menyediakan persediaan kertas dan tinta untuk fotocopy dengan harga 1, 6 juta. Anda juga bisa menggunakan jasa promosi sebesar 600.000 untuk mendukung usaha Anda agar lebih maju. 
  • Dengan rincian komponen biaya ini ditemukan bahwa Modal untuk usaha fotocopy di awal, yang diperlukan untuk usaha fotocopy adalah sekitar 60,6 juta. .

modal untuk usaha fotocopy

Estimasi Biaya Operasi Usaha Fotocopy

Dalam perencanaan anggaran usaha fotocopy tentu Anda harus menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk operasional bulanan. Minimal untuk jangka waktu 3 bulan pertama, karena Anda harus memperhitungkan gaji karyawan sekitar 1,5 juta per karyawan. 

Anda juga harus membayar listrik (700 ribu), pembelian kertas fotocopy dan tinta (1,5 juta) dan biaya perawatan mesin dengan harga 500 ribu saja. Hal tersebut adalah budget yang perlu Anda kerjakan untuk biaya bulanan yakni sebesar 4,7 juta. 

Untuk bisa menghitung selisih keuntungan yang bisa didapatkan tentunya Anda harus menganggarkan biaya bulanan. Karena rentang waktu 3 bulan pertama adalah usaha yang baru dirintis dan biasanya pemasukannya masih sangat fluktuatif.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Fotocopy Bagi Pemula yang Menguntungkan

Nah, itulah kiranya gambaran/estimasi modal untuk usaha fotocopy dari awal hingga beroperasi. Semoga dapat membantu Anda dalam memulai bisnis perfotokopian. Jika memerlukan mesin fotocopy, Anda bisa hubungi kami melalui WhatsApp +62 857-0004-4605 atau Telpon ke (024) 7672-5928. Dapatkan penawaran menariknya sekarang!


1 Komentar

5 Keuntungan Usaha Fotocopy yang Perlu Anda Tahu! · 06/08/2022 pada 6:39 PM

[…] Anda memilih untuk menjalankan usaha ini maka membutuhkan modal awal yang cukup besar. Kisaran modal tersebut adalah puluhan juta, dibutuhkan untuk membeli mesin fotocopy serta […]

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *